Dulu waktu SMA ketika ditanya ingin lanjut kemana? Dengan lantang saya jawab kedokteran! Membayangkan saya menjadi dokter praktek dengan jas putih kebanggaan dan juga stetoskop yang melingkar di leher, bangga banget ya?

Tetapi takdir berkata tidak seperti itu. Saya diterima di Sastra Jerman, Univ Indonesia. Membayangkan saya akan bekerja di kedutaan Jerman atau saya akan pergi ke Jerman untuk melanjutkan sekolah, makin bangga banget ya?

Tetapi takdir kembali berkata tidak seperti itu, saya diperkenalkan dengan Digital Agency saat saya apply as intern di masa akhir kuliah saya.

Saya jatuh cinta…

Cara Membuat Blog untuk Pemula

Jatuh Cinta pada Dunia Digital, foto diambil dari Pixabay

Jatuh Cinta Pada Dunia Digital

Apa itu Digital Agency? Saya bakal kerjain apa? Mau ngapain aja?

NOL, saya engga tau dari jawaban pertanyaan-pertanyaan itu. Saat itu saya tidak mengerti apa pekerjaan yang akan saya lakukan dan apa itu Digital Agency.

Long story short, senior disana sangat baik, mau mengajari saya dan intern lainnya dengan maksimal. Dari sana lah saya mengenal dunia digital yang sebenarnya.

Saya jadi tahu, kenapa banyak banget orang capek-capek bikin blog, konten sosial media yang menarik, youtube channel, dan lainnya?

Karena bisa menghasilkan UANG! TITIK.

Seberapa banyak? BANYAK.

Untuk meyakinkan hal tersebut, berikut data pengguna internet Indonesia 2017 yang bisa dilihat.

Domainesia

Penetrasi Pengguna Internet di Indonesia, diunduh dari https://apjii.or.id/survei2017

Dari data tersebut, saya bisa simpulkan bahwa 54,68% penduduk Indonesia sudah bisa melakukan akses internet.

Artinya? Dari 262 juta penduduk Indonesia, 143,26 juta orang sudah bisa akses internet.

Siapa yang tidak tergiur? Dengan jumlah pengguna internet sebanyak itu, siapa yang tidak mau memanfaatkan internet sebagai ladang penghasilan? 

Dari data tersebut, kamu bisa mendapatkan penghasilan dari banyak media seperti social media, artikel di website, dan lainnya.

Pengalaman di Digital Agency kemudian membuat saya semakin jatuh cinta dengan dunia digital, dunia yang mengharuskan saya tetap terus belajar setiap hari.

Waktu di Agency, pekerjaan saya setiap hari mencari list blogger terbaik dan kemudian bikin invoice untuk membayar mereka. Nilainya? GA MAIN-MAIN.

Saya juga mencari influencer yang cocok dengan brand yang saya pegang, dan kemudian membuat beberapa to do list untuk si influencer. Jadi influencer tinggal upload saja di social medianya. Nilainya? Bisa sampe beli iphone 8 lah.

Kemudian saya menghapus impian saya menjadi dokter.

Saya jatuh cinta dengan digital dan juga menulis..

Hobi Menulis + Digital = UANG

Karena di Agency saya dihadapkan dengan pekerjaan seperti itu, muncullah di otak saya, saya ingin perdalam dunia digital ini.

Saya pun mencoba membuat website pribadi yang ‘saya banget’, berbicara mengenai program menurunkan berat badan saya, masalah jerawat yang dulu pernah saya alami, review skincare, traveling dan lainnya.

Cara Membuat Blog untuk Pemula

Memutuskan untuk tetap terjun di dunia digital, foto diambil dari Pixabay

Kenapa memilih platform website?

Selain karena kurang percaya diri di depan kamera, ternyata lebih banyak orang yang selalu googling untuk mencari informasi.

Nih saya kasih data ya! LENGKAP

Data Pertumbuhan Pengguna Internet

Domainesia

Data pertumbuhan pengguna internet setiap tahunnya, diunduh dari https://apjii.or.id/survei2017

Dari data tersebut kita tahu bahwa pengguna internet setiap tahunnya meningkat. Artinya? Pengguna semakin banyak yang bisa akses platform internet, seperti website, belanja online, youtube, social media, dan lainnya.

Data Durasi Penggunaan Internet Indonesia

Domainesia

Durasi Penggunaa Internet Indonesia, diunduh dari https://apjii.or.id/survei2017

Dari data tersebut saya bisa simpulkan bahwa waktu untuk berselancar di internet tidak lah sebentar. Dalam sehari, 26.48% pengguna internet Indonesia  bisa akses internet lebih dari 7 jam. Artinya, pengguna banyak menghabiskan waktunya dengan berselancar di internet, bisa streaming video, membaca artikel, social media, dan lainnya.

Data Layanan Yang Diakses

Domainesia

Data layanan yang digunakan pengguna internet Indonesia, diunduh dari https://apjii.or.id/survei2017

Dari data tersebut bisa saya simpukan bahwa ada beberapa layanan yang banyak digunakan saat menggunakan internet, salah satunya 74.84% pengguna internet Indonesia menggunakan layanan search engine  atau mencari informasi di Google, dan platform lainnya.

Data Pemanfaatan Internet Bidang Edukasi

Domainesia

Data pemanfaatan Internet bidang edukasi, diunduh dari https://apjii.or.id/survei2017

Dari data tersebut bisa saya simpulkan bahwa 55.30% pengguna internet Indonesia mencari informasi dengan membaca artikel. Artinya, lebih banyak pengguna internet yang menyukai membaca artikel untuk mencari informasi yang diinginkan.

Nah, itu data yang membuat saya tertarik memilih website sebagai salah satu platform yang akan menghasilkan uang tambahan untuk saya. Mungkin bisa menjadi penghasilan utama saya kelak.

Terbukti, yang dulunya cuma tahu menulis saja, kemudian saya belajar bagaimana meningkatkan penghasilan dari blog, seperti pasang Adsense, ikut gathering blogger, dan lainnya. Ternyata itu seru banget, lho!!

Selain mendapatkan uang, saya bisa mendapatkan free product dan juga bertemu temen-temen blogger lainnya!

Cara Membuat Blog untuk Pemula

Blogger as my dream, foto diambil dari Pixabay

Nah, pasti temen-temen banyak yang bertanya-tanya. Bagaimana cara membuat website? Apa itu hosting dan domain? Apakah berbayar? Apakah bisa mendapatkan harga hosting murah atau domain murah?

Mari kita bedah satu-satu ya!

Cara Membuat Website dengan Hosting dan Domain Murah

Kalau ditanya ‘Septi awalnya bikin blog kaya gimana?’, dulunya saya hanya tau blogspot. Itu gratisan. Nah, bagi teman-teman yang masih pemula dan tidak ada budget, bisa terlebih dahulu membuat blogspot.

Pertama kali yang harus teman pikirkan adalah, mau dibawa kemana website kamu. Maksudnya, apa tujuan dari blog tersebut.

Jika kamu ingin menghasilkan uang dari blog kamu dan terlihat profesional, kamu bisa menggunakan website premium dengan menggunakan website TLD yang biasanya berakhiran .com, .net, .id, .org.

Membuat blog tentunya tidak sulit. Kamu tidak perlu menguasai skill pemograman tertentu untuk membuat blog.

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah kamu tahu tema dan ide blog yang akan kamu buat. Tentukan nama yang cocok dan tentunya merepresentasikan isi dari konten yang akan dibuat.

Gunakan blog yang profesional dengan menggunakan domain TLD, seperti .com, .net, .id sehingga branding blog kamu bagus dan kepercayaan pengunjung meningkat.  Blog profesional biasanya memiliki domain dan hosting.

Sebelum melangkah lebih jauh, coba kupas pelan-pelan yuk!

Cara Membuat Blog

Pastinya teman-teman pernah mendengar nama blog atau website. Kini banyak banget blogger sukses yang populer di social media maupun tulisan blog. Bahkan banyak orang yang menjadikan blogger sebagai pekerjaan utama.

Nah tapi masih banyak yang bertanya, apa beda blog dan website? Gimana cara membuat blog menjadi blog profesional dan memiliki banyak pengunjung?

Saya coba jelasin satu-satu ya!

Apa itu Blog?

Blog adalah aplikasi website yang memiliki isi konten-konten tertentu.

Website atau blog ini biasanya bisa diakses semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan pengguna blog.

Pasti kamu mendengar nama blog dengan akhiran blogspot? Itu merupakan awal blog dikenal banyak orang. Dengan menggunakan blog, maka kamu bisa menulis apapun yang kamu inginkan, curhat, berpuisi, menulis resep  masakan dan lainnya. Biasanya penulis blog dikenal sebagai blogger.

Apa Beda Blog dan Website?

Blog dan Website adalah sama. Menurut artinya, blog merupakan website yang isinya konten online yang berisi tulisan pribadi, video dan lainnya.

Sedangkan website merupakan halaman di internet yang menggunakan domain dan hosting tertentu.

Jadi bisa disimpulkan bahwa blog lebih komunikatif dan lebih menarik, website tergantung dari jenis yang dibuat.

Cara Membuat Blog untuk Pemula

Nah, sekarang bener-bener masuk ke cara membuat blog untuk pemula ya, guys! Let’s check it out!

  • Tentukan Ide Blog

Pertama, kamu bisa mencoba menyesuaikan dengan hobi dan passion kamu untuk membuat blog. Misalnya, jika kamu suka review skincare, kamu bisa fokus memberi informasi mengenai review skincare dan produk lainnya.

  • Pilih nama Blog

Setelah menemukan ide blog, kamu bisa menentukan namanya. Buatlah nama blog yang terlihat profesional agar terlihat terpercaya.

Untuk blog profesional, kamu tidak menggunakan akhiran .blogspot atau .wordpress. Kamu akan menggunakan domain TLD seperti .id, .net, .com yang membutuhkan hosting dan domain.

Apa itu domain? Saya kasih perumpamaan ya…

Domain itu ibarat alamat rumah atau nama orang, dan kalau di dunia website dikenal dengan domain, misalnya septiriyani.com , detik.com, domainesia.com dan lainnya.

  • Memiliki Hosting

Domain ini berkaitan dengan hosting. Bagi blogger yang masih menggunakan akhiran *tumblr, *blogspot atau *wordpress tentunya tidak membutuhkan hosting, karena masih dipinjami ‘rumah’ oleh perusahaan Blogspot, Tumblr dan WordPress.

Hosting itu ibarat sebuah rumah, jadi kamu bisa menyimpan apa saja disitu. Nah, di dunia website fungsi dari hosting adalah untuk menyimpan gambar yang akan di upload, informasi web kamu, dan lain-lain agar lebih ‘premium’.

Apa efek jika kamu tidak memiliki hosting?

Kamu harus menggunakan akhiran yang sesuai dengan perusahaan yang meminjamkan ‘rumah’, seperti *blogspot.com, *wordpress.com dan lainnya.

Selain itu, kelemahan lainnya jika blog tanpa hosting adalah terbatas, misalnya tidak bisa upload video, gambar dan tulisan sebanyak-banyaknya tidak bisa membuat email pribadi dengan nama blog sendiri dan lainnya.

Kesimpulannya, website tanpa hosting tidak akan terlihat profesional.

Apa kelebihan menggunakan hosting?

Hosting berfungsi sebagai menyimpan data seperti video, foto, gambar, dan lainnya yang dikemas dalam website.

Jika diibaratkan sebagai komplek perumahan, hosting ini merupakan bagian petak tanah dengan ukuran tertentu yang akan digunakan untuk mendirikan bangunan.

Bangunan tersebut dinamakan blog atau website dan alamat suatu website tersebut disebut dengan domain.

Jika website kamu menggunakan hosting, kelebihannya adalah:

  1. Memiliki email dengan nama blog sendiri, misal nama blog kamu cantikmanjah.com maka nama emailnya support@cantikmanjah.com
  2. Bisa upload video, tulisan, foto sesuai kapasitas hosting yang dipilih
  3. Bisa melakukan optimisasi SEO agar blog ada di halaman pertama Google
  4. Bisa memilih berbagai tema blog
  5. Bisa melakukan upgrade hosting agar kapasitas lebih lega
  6. Lebih profesional
  • Gunakan Fitur Instant Deploy

Setelah kamu mempersiapkan 3 langkah yang saya jelaskan sebelumnya, sekarang kamu bisa membuat blog profesional dengan mudah.

DomaiNesia kini menyediakan fitur instant deploy bagi kamu yang ingin membuat blog profesional.

Dengan fitur instant Deploy DomaiNesia ini kamu bisa memilih kategori blog, tulis nama blog pada bagian domain, pilih kapasitas hosting yang sesuai, tulis username dan password untuk login, kemudian blog langsung jadi!

Cara Membuat Blog dengan Fitur Instant Deploy DomaiNesia

Sebelumnya, kamu harus menggunakan WordPress ya! Karena banyak keunggulan wordpress dibandingkan lainnya.

WordPress yang digunakan adalah CMS WordPress dari wordpress.org ya! Dengan CMS WordPress tersebut, kamu bisa membuat blog profesional lebih mudah, cepat dan efisien.

Check it out!

  • Masuk ke Akun DomaiNesia

Buka browser dan ketik DomaiNesia.com, lalu sign in.

Log ini menggunakan username dan password kamu yang digunakan pada saat register pertama kali sebelum pembelian domain atau hosting.

Cara Membuat Blog untuk Pemula

Halaman DomaiNesia

Jika belum punya, kamu bisa daftar dlu di bagian sign up.

  • Pilih menu Web Apps

Untuk membuat blog profesional dengan fitur instant deploy, klik Web Apps.

Cara Membuat Blog untuk Pemula

Pilih menu Web Apps

  • Pilih Menu WordPress

Klik Blog dan pilih WordPress dan klik Activate.

Bagi kamu pemula, DomaiNesia juga menyediakan ebook cara membuat website dengan WordPress gratis, lho! Kamu bisa pilih Download Ebook.

Cara Membuat Blog untuk Pemula

Pilih WordPress dan activate

  • Pilih Hosting dan Domain

Pilih hosting yang kamu mau. Untuk memilih hosting, kamu bisa pilih lokasi server. Kamu juga bisa mengatur siklus waktu penyewaan sesuai keinginan yakni per bulan atau per tahun.

Tulis nama domain yang kamu inginkan, pilih durasi yang diinginkan.

Cara Membuat Blog untuk Pemula

Pilih hosting dan kapasitasnya

  • Tambahkan Akun WordPress

Masukkan username dan password untuk blog berbasis WordPress yang kamu buat dan nantinya keduanya akan digunakan untuk login blog.

Cara Membuat Blog untuk Pemula

Masukkan username dan pass wordpress

  • Menyelesaikan Trolli

Jika selesai, muncul total biaya yang harus kamu bayar. Setelah itu, klik Masukkan Troli.

Lalu kamu akan ke dashboard belanja. Di dashborad tersebut tersedia list item pemesanan dan kamu bisa klik Selesaikan & Bayar. 

Jika kamu ingin menambah pesanan, klik Tambah Pesanan.

Cara Membuat Blog untuk Pemula

Troli DomaiNesia

  • Menyelesaikan Invoice

Invoice yang harus dibayarkan akan kamu dapatkan. Cek email dan lunasi pembayaran dengan menggunakan metode pembayaran tersedia, mulai dari kartu kredit, transger bank, PayPal atau pembayaran langsung di Alfamart.

Cara Membuat Blog untuk Pemula

Pilihan Metode Pembayaran DomaiNesia

  • Login Blog Melalui Halaman Admin

Setelah melakukan pembayaran, blog kamu sudah jadi!

Kamu bisa membuka blog dengan menuliskan nama domain pada browser.

Klik Login ke Admin Panel. Kamu juga bisa melakukan pengelolaan blog melalui halaman admin.

Untuk akses halaman admin, tulis namablog/wp-admin atau namablog/wp-login.

Di halaman ini kamu bisa melakukan banyak hal seperti menulis artikel, mengubah tema, mengelola blog dan banyak lainnya.

Cara Membuat Blog untuk Pemula

Tampilan WordPress Admin

  • Setelah menggunakan fitur Instant Deploy, Percantik Tampilan Blog Kamu

Setelah login ke halaman admin, kamu bisa dengan bebas memilih tampilan dan mengotak-atik tampilan blog kamu.

Banyak sekali pilihan template gratis dan berbayar untuk mempercantik blog kamu.

  • Optimalkan Blog Kamu

Setelah memilih tampilan blog, kamu bisa mengoptimalkannya agar blog bisa memiliki traffic tinggi, berada di halaman pertama Google, dan juga meningkatkan pengunjung blog.

Caranya, kamu bisa mengoptimalkan dengan cara SEO atau Search Engine Optimization. Mungkin terlalu teknikal untuk pemula.

Namun kamu bisa memulai menulis yang sesuai dengan passion kamu dan membagikannya di social media agar bisa mendapatkan lebih banyak pembaca.

  • Lakukan Pengamanan untuk Blog Kamu

Gunakan SSL di website yang bisa digunakan, ada yang gratis dan berbayar.

Kamu bisa memasang plugin security All in One WP Security & Firewall atau WodFence

Kamu bisa lakukan update WordPress secara berkala agar tetap aman dan bisa digunakan dengan maksimal.

KESIMPULAN

Dunia digital sangat luas dan bisa kamu manfaatkan dengan maksimal. Dengan banyaknya pengguna internet di Indonesia, kamu bisa memilih berbagai platform yang cocok kamu.

Misalnya, social media bagi kamu yang percaya diri dan website untuk kamu yang lebih suka menulis.

Dunia digital juga menawarkan kemudahan, selama kamu mau belajar sendiri. Banyak sekali website gratis yang menyediakan berbagai ilmu bermanfaat, asal kamu tidak berhenti belajar.

Jadi tunggu apa lagi? Daripada scrolling Instagram atau berjam-jam lihat IG story, mending bikin artikel berfaedah lalu upload di blog kan?

Selain bisa jadi portofolio, kamu juga bisa mendapatkan uang!

Kunjungi DomaiNesia untuk selengkapnya! Semoga tulisan lomba blog DomaiNesia saya ini bermanfaat untuk kamu pemula, ya!

</center