Manfaat kimchi untuk diet – Pecinta Korea pasti tidak asing lagi dengan masakan satu ini. Kimchi. Makanan ini seringkali kita lihat dalam adegan makan bersama di berbagai drama Korea. Kimchi sendiri merupakan makanan tradisional Korea yaitu sayuran yang difermentasikan dan diberi bumbu pedas. Secara umum sayuran yang dipakai untuk membuat kimchi adalah sawi putih dan lobak. Setelah digarami dan dicuci, sayuran ini dicampur dengan bumbu yang dibuat dari udang krillkecap ikanbawang putihjahe dan bubuk cabai merah.\

Manfaat Kimchi untuk Diet:

Banyak sekali manfaat kimchi untuk bagi tubuh. Mengkonsumsi kimchi ternyata juga baik untuk pencernaan kita. Dampak tersebut disebabkan oleh kimchi yang dibuat mengandung banyak cabai dan bawang putih, dan sangat sedikit menggunakan garam serta rendah kalori. Selain itu, kimchi juga mengandung asam laktat yang baik untuk pencernaan. Bakteri Lactobacillus yang terkandung dalam kimchi tumbuh secara alami. Selama proses fermentasi, asam laktat menekan bakteri buruk dan meningkatkan pengeluaran enzim proteolitik pepsin. Ini membantu melindungi perut dan meredakan masalah konstipasi yang berhubungan dengan obesitas.

Manfaat Kimchi untuk Diet

Bakteri Lactobacillus berfungsi untuk menekan nafsu makan dan membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Dalam kimchi sendiri terdapat 1000 kali bakteri Lactobacillus lebih banyak dibanding yoghurt. Hal ini lah yang menyebabkan kimchi memiliki kemampuan untuk memperlancarkan sistem pencernaan kita. Kandungan serat yang tinggi yang terdapat dalam kimchi juga membuat kita merasa kenyang lebih lama. Bakteri yang terdapat dalam kimchi sendiri mengembalikan keseimbangan bakteri di dalam usus dan terdapat enzim, vitamin dan berbagai nutrisi lainnya yang baik untuk sistem pencernaan kita.

Selain itu kimchi juga berperan sebagai antioksidan, hal ini menyebabkan sebagian besar orang Korea memiliki resiko penyakit kanker lebih rendah dan kemungkinan hidup lebih lama dikarenakan rutin mengkonsumsi kimchi.

Beberapa manfaat kimchi untuk diet dan manfaat bagi tubuh lainnya:

  • Membantu menjaga kesehatan pencernaan

Selain mengandung kalori yang rendah kimchi juga mengandung serat tinggi. Hal ini tentu akan membantu organ pencernaan untuk menyerap makanan sehingga lebih mudah dan lebih cepat. Kimchi juga dapat menyembuhkan beberapa penyakit umum dan sangat baik bagi menjaga kesehatan tubuh.

  • Kimchi salah satu sumber probiotik

Hal ini disebabkan kimchi yang merupakan makanan hasil fermentasi, sehingga dalam kimchi sendiri mengandung sumber probiotik yang tinggi. Probiotik ini sendiri membantu tubuh kita dari serangan infeksi dan menjaga tubuh kita untuk tetap sehat. Vitamin dan mineral yang terkandung di dalam kimchi sendiri juga membantu memperlancar aliran darah dan meningkatkan sistem imun tubuh serta meningkatkan pertumbuhan otot

  • Menurunkan tekanan darah

Mengkonsumsi kimchi secara rutin dapat menurunkan tekanan darah yang ada di tubh kita. Hal ini dikarenakan bahan yang kita gunakan untuk membuat kimchi adalah kubis dan bawang putih. Kedua sayuran ini mengandung allicin dan selenium yang memiliki fungsi sebagai pengontrol kadar kolesterol dalam tubuh agar tetap rendah. Selain itu, fungsi lainnya adalah mencegah penyumbatan lemak pada dinding arteri atau pembuluh darah.

Setelah kita pahami, kimchi memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita, salah satunya dalam sistem pencernaan. Mengkonsumsi kimchi cocok untuk kita yang ingin menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan dalam kimchi mengandung Bakteri Lactobacillus berfungsi untuk menekan nafsu makan dan membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Selain itu, kandungan serat yang tinggi yang terdapat dalam kimchi juga membuat kita merasa kenyang lebih lama. Namun, jika kimchi dimakan berlebihan justru menyebabkan masalah percernaan. terlalu banyak konsumsi kimchi dapat memperparah risiko pengembangan kanker lambung.

Di samping itu, karena proses pembuatannya melalui fermentasi, kimchi yang berlimpah serat dapat menyebabkan masalah gas dan kembung pada individu yang rentan. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi kimchi secukupnya saja dan apabila terjadi gejala-gejala yang tidak diinginkan untuk segera berkonsultasi kepada dokter atau ahli medis di bidangnya. Bagi kamu yang sedang program menurunkan berat badan, berikut cemilan sehat yang bisa kamu jadikan alternatif nyemil sehat!

</center