Cara Membuat e Paspor Terbaru

Cara Membuat e Paspor Baru Lebih Mudah – Mau pergi ke Jepang dalam waktu dekat ini? Belum punya paspor atau e paspor? Tenang, kamu gak perlu dateng pagi buta atau subuh ke kantor imigrasi kok. Sekarang bisa di akses melalui aplikasi antrian paspor lho! Lebih digital banget lah sekarang ini. Kamu juga bisa upgrade paspor biasa ke e paspor dengan proses yang mudah dan cepat lho! Untuk upgrade, sama saja perlakukannya dengan perpanjangan paspor. Yuk mulai simak cara membuat e Paspor baru berikut ini!

Cara Membuat e Paspor Baru

E Paspor – Foto diambil dari JendelaKeluarga.com

Cara Membuat E Paspor Baru

Singkat cerita, saya belum memiliki paspor dan akan pergi ke luar negeri di tahun ini. Nah, sebelumnya pernah mendengar proses pembuatan paspor yang sulit lah, harus antri dari subuh dan lain-lain. Tetapi itu DULU, guys. Sekarang antrinya jauh lebih manusiawi dan mudah, hanya lewat aplikasi yang hanya bisa diunduh di android apps. Tenang, yang gak punya android, masih bisa langsung daftar melalui website. Tapi pendaftaran online kaya gini ya pasti ada kekurangannya, yakni kita gak tahu kapan jadwal antrian akan dibuka. Pas saya udah download, pasti statusnya kuota penuh atau tidak dibuka antrian. Ternyata pas saya tanya melalui twitter @kanim_Jaksel, ternyata dibukanya emang tiba-tiba gitu. Terkadang weekdays jam 5 sore atau bisa jadi setiap weekend. Jadi emang tebak berhadiah banget! Intinya, harus rajin deh buka aplikasi itu. Nah ini langkah unduh aplikasi permohonan antrian paspor ya:

  1. Unduh aplikasi permohonan antrian paspor disini.
  2. Setelah selesai, kamu akan diminta mengisi NIK (Nomor KTP), Nama Lengkap, Alamat Email Aktif dan Nomor Telepon.
  3. Setelah itu, kamu pilih kantor imigrasi terdekat. Untuk pembuatan e paspor, pilih kantor imigrasi kelas 1 khusus ya.
  4. Kamu harus selalu rajin membuka aplikasi ini, dan saat klik kantor imigrasi yang dituju, pastikan tersedia kuota antrian dan kamu bisa mendaftar antrian pembuatan paspor.

Nah, setelah mendaftar antrian pembuatan paspor, kamu akan diberi tanggal dan jam untuk mendatangi kanim yang sudah kamu pilih. Jangan sampai lupa ya, karena mendapatkan antriannya saja cukup susah. Perlu kamu ketahui, kantor imigrasi yang melayani pembuatan e paspor adalah kantor imigrasi kelas 1 khusus ya, salah satunya kanim Jaksel.

Berkas untuk Membuat e Paspor Baru

Setelah itu, berkas apa saja yang diperlukan untuk membuat e paspor baru atau paspor baru? Nah bagi kamu yang belum memiliki paspor sebelumnya, tentunya berkasnya berbeda dengan yang sudah memiliki paspor atau memperpanjang paspor atau upgrade paspor baisa ke e paspor. Bagi kamu yang baru pertama kali membuat paspor, berikut berkas yang harus disiapkan:

  • KTP (asli dan fotocopy A4)
  • KK atau Kartu Keluarga (Asli dan fotocopy A4)
  • Akte Lahir/Ijazah/Buku Nikah
  • Surat Keterangan Domisili di Jakarta atau Surat Keterangan Bekerja di Jakarta –> Khusus bagi kamu yang bukan asli Jakarta dan sekarang sedang bekerja di Jakarta, kamu bisa membawa surat keterangan kerja di kantor kamu yang berlokasi di Jakarta.

Ingat, semua dibawa yang asli dan fotokopi A4 1 rangkap ya! Nah, bagi kamu yang ingin upgrade paspor biasa ke e paspor atau ingin memperanjang paspor, kamu cukup membawa berkas KTP (asli dan fotokopi) dan paspor lama.

Nah, setelah hari H kamu telah tiba, datang lebih awal ya. Misal jadwal kamu jam 1 siang, kamu bisa datang 2 jam sebelumnya agar kamu mendapatkan nomor antrian lebih awal dan tetapi mulai antrinya tetap dari jam 1. Saya mendapatkan antrian jam 1, tetapi saya datang jam 11.11 dan selesai jam 12.15 lho! Super cepat!

Tempat antriannya gimana? Panas gak? Ribet, riweh, rame ga? Tenang, sekarang tempat menunggunya lumayan nyaman dengan ruangan berAC dan tersedia koperasi yang menjual pulpen dan makanan ringan. Oiya, jangan lupa untuk membawa pulpen dan makanan ringan karena untuk membuat pasor baru membutuhkan waktu yang lebih lama. Berikut beberapa screen shot saya saat saya menanyakan perihal cara membuat paspor baru atau cara membuat e paspor.

Cara Membuat e Paspor Baru

Berkas yang Harus Dibawa untuk Permohonan Membuat Paspor atau E Paspor Baru

Cara Membuat e Paspor Baru

Alasan mengapa perlu membawa surat domisili Jakarta atau keterangan kerja di Jakarta

Cara Membuat e Paspor Baru

Sebaiknya datang lebih awal ya, Saya datang 1 jam sebelumnya mendapat nomor antrian 44.

Setelah berkas sudah disiapkan, datang ke kanim sesuai jadwal yang sudah kamu terima. Untuk kanim Jaksel, kamu cukup mendatangi langsung kantor kanim Jaksel dan kemudian naik ke lantai 2. Berikut langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk cara membuat e Paspor terbaru:

  • Langsung mengambil nomor antrian dengan siapkan barcode yang sudah ada di aplikasi antrian Paspor dan siapkan berkas-berkas yang diperlukan.
  • Nanti ada seorang petugas yang akan mengarahkan kamu, mulai dari scanning barcode dan memberikan beberapa berkas yang harus diisi.
  • Setelah mendapatkan nomor antrian, kamu bisa sambil menunggu dan mengisi berkas yang harus diisi.
  • Tunggu hingga nomor antrian kamu dipanggil.
  • Setelah dipanggil, nanti berkas-berkas kamu akan diperiksa kembali oleh petugas (berkas asli dan berkas fotokopi). Sebaiknya, berkas asli kamu masukkan ke map sendiri, sedangkan yang fotokopi kamu bisa memasukkan ke map yang sudah diberikan petugas di depan.
  • Kamu akan ditanya mengenai kamu bekerja dimana, tinggal dimana, tujuan pembuatan paspor dll. Petugasnya ramah banget kok. Jangan lupa senyum ya, petugasnya kan capek urus kebutuhan banyak orang dari pagi ^^ Kalau bisa ajak ngobrol juga ^^
  • Tidak sampai 15 menit, kamu akan mendapat selembaran bukti permohonan pembuatan paspor dan kamu diminta membayar selambat-lambatnya 7 hari setelah hari permohonan pembuatan paspor, bisa dibayar di pos atau bank mana pun. Karena di kanim Jaksel lantai satu ada bank BRI, kamu bisa melaakukan pembayaran e paspor dengan cara langsung bayar cash disana! Dan tentunya, sangat cepat! Ga sampe 5 menit. Oh ya, biaya pembuatan e Paspor itu sebesar 655 ribu ya!
  • Kamu bisa ambil paspor yang sudah terbayar 3 hari kerja setelah proses pembayaran dilakukan. Cepet khannn… *terharu* Jangan lupa bawa selembaran bukti pembayarannya saat kamu mau mengambil paspor kamu ya ^^ Jika kamu tidak datang 30 hari sejak tanggal permohonan, maka permohonan kamu dianggap batal.
  • Mudah kan cara membuat e paspor terbaru? Asal kamu rajin cek aplikasi antrian paspor online aja!
Cara Membuat e Paspor Baru

Ini foto saat kamu mendaftar untuk mendapatkan nomor antrian

Jadi intinya, cara membuat e Paspor terbaru kini jauh lebih mudah dan kamu tidak perlu antri dari subuh. Cukup menggunakan aplikasi antrian paspor dan rajin cek apakah kuota pendaftaran sedang dibuka atau tidak. Selain itu, kamu harus bawa berkas yang sudah disebutkan dengan lengkap dan jangan sampai ada yang ketinggalan ya, gak mau kan sudah menunggu lama dan pulang dengan tangan hampa? Selain itu, kamu juga bisa simak berbagai artikel traveling cantikmanjah ya!

</center