Cara Apply Visa Waiver Jepang Gratis – Masih belum telat kan ya kalo bahas mengenai cara apply visa Waiver Jepang? *lol

Jadi ceritanya mau throwback kenangan selama di Jepang kemarin. Ternyata menulis kembali memori yang susah dilupakan itu menyakitkan ya…

Siapa yang gak mau ke Jepang, ya kan? Negara super canggih dengan kebersihannya yang bikin saya terpesona! Sebelum bahas cara apply Visa Waiver Jepang Gratis, ada baiknya kamu cek dulu artikel cara membuat paspor ya!

Hal pertama yang kamu harus ketahui mengenai Visa Waiver adalah Visa Waiver dikhususkan untuk pemegang E-Paspor saja. Dan hal ini tentu saja memerlukan registrasi khusus dan pastinya lebih mudah dari pada mengurus Visa biasa.

cara apply visa waiver gratis

Shibuya Cross Road, Jepang

Keuntungan Visa Waiver

  • Masa berlaku Visa Waiver adalah 3 tahun sampai masa berlaku paspor habis.
  • Batas kunjungan selama sekali pergi ke Jepang adalah 15 hari. Jadi jika kamu pulang, dan kembali ke Indonesia, dan akan mengunjungi Jepang lagi, maka kamu dapat 15 hari lagi. Hal ini berlaku terus hingga masa berlaku paspor habis.

Ingat, Visa Waiver HANYA UNTUK PEMEGANG E-PASPOR!

Nah, sampai sini kamu udah tahu ya perbedaan Visa biasa dengan Visa Waiver. Bagi kamu yang punya paspor biasa, kamu HANYA bisa mengajukan Visa biasa yang tentunya memakan waktu dan tidak gratis.

Cara Apply Visa Waiver Jepang Gratis di Kedutaan Jepang

Sebenarnya ada dua cara, yakni bisa membuat di Japan Visa Application Center yang ada di Lotte Shopping Avenue, Kuningan, Jakarta Selatan dan juga di Kedutaan Jepang yang di Senayan.

Perbedaannya adalah, jika kamu melakukan registrasi di Japan Visa Application Center, kamu harus mengeluarkan biaya.

Jika kamu ingin benar-benar gratis, kamu bisa langsung melakukan registrasi di Kedutaan Jepang. Proses pengajuan Visa Waiver dibuka di hari kerja dari jam 08.30 hingga 12.00 WIB. Setelah itu tutup dan hanya digunakan untuk pengambilan Visa Waiver.

Oiya, Kedutaan Jerman ini lokasinya di MH. Thamrin, kamu bisa jalan kaki dari St Sudirman, meskipun agak jauh sih. Letaknya tepat di sebelah Plaza Indonesia.

Hal yang perlu dicatat adalah tidak tersedia parkiran motor disana. Kamu bisa naik kendaraan umum saja.

cara apply visa Waiver Jepang gratis

Suatu taman di Tokyo, Jepang

Syarat dan Ketentuan Pengajuan Visa Waiver Jepang di Kedutaan

Pemegang E -Paspor benar-benar dipermudah di berbagai urusan deh. Nah, untuk pengajuan Visa Waiver, berikut dokumen yang harus dibawa:

  • E-Paspor
  • Formulir Pengajuan Visa yang tersedia di sana
cara apply visa Waiver Jepang Gratis

Jalan kaki menuju Kawaguchiko Lake

Tahap Cara Apply Visa Waiver Jepang Gratis di Kedutaan

  • Perlu diingat, pembuatan tidak boleh diwakilkan. Nanti setelah sampai, kamu akan dimintai KTP dan akan ditukan dengan nomor antrian dan dipersilahkan masuk ke sebuah ruangan pembuatan Visa Waiver.
  • Formulirnya tersedia disana dan tidak perlu bawa pulpen karena sudah tersedia di sana. Tetapi waktu itu saya sudah membawa alat tulis untuk jaga-jaga.
  • Setelah mengambil nomor antrian, kamu bisa menunggu panggilan dengan duduk di kursi yang telah disediakan. Oiya, disini tidak boleh ambil gambar. *huhu
  • Setelah nomor antrianmu dipanggil, kamu bisa datang ke loket Visa dan kemudian serahkan dokumen yang tadi (E-Paspor dan formulir)
  • Setelah di loket, nanti ada beberapa pertanyaan dan tidak berbelit-belit. Gak cuma itu, prosesnya super cepat.
  • Nanti E-Paspor akan ditahan untuk diberikan Visa Waiver dan kamu akan menerima kertas pengambilan paspor.
  • Prosesnya super cepat, guys! Kamu bisa mengambilnya keesokan harinya di jam 13.30 – 15.00 WIB ya! Jika kamu membuat Visa Waiver di hari Senin sampai Kamis, maka kamu bisa ambil keesokan harinya. Jika membuat di hari Jumat, kamu bisa ambil di hari Senin.
  • Saat mengambil, kamu hanya membawa kertas pengambilan Visa Waiver yang diberikan oleh petugas di loket Visa Waiver tadi. Dan pengambilannya ini boleh diwakilkan, lho!

Super cepat dan mudah, kan?

Gimana? Sudah tahu kan cara membuat Visa Waiver Jepang Gratis? Jangan sampai bingung lagi ya!

Jadi gak usah keluarin budget untuk bikin di Travel Agent!

Jika ada pertanyaan, silahkan komen di bawah ya! Jangan lupa share artikel ini untuk teman-temanmu yang akan pergi ke Jepang, guys! Semoga infonnya bermanfaat!

 

 

 

</center