Apa Perbedaan Purging dan Breakout – Dalam dunia kecantikan banyak istilah yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu sebelum kamu panik dengan efek yang diberikan setelah memakai produk kecantikan baru. Salah satu istilah kecantikan yang sudah cukup terkenal ialah purging dan breakout. Namun masih banyak nih yang tidak mengetahui perbedaannya. Yuk kita bahas perbedaan antara purging dan breakout.

Apa perbedaan purging dan breakout

purging, diambil dari liputan6.com

Apa itu Purging?

Purging adalah suatu respon yang terjadi pada wajah kita ketika kita mulai menggunakan produk skincare baru. Respon yang terjadi biasanya berbentuk jerawat atau membuat wajah menjadi merah beruntusan.

Biasanya purging terjadi ketika menggunakan produk skincare yang mengandung AHA, BHA, dan Retinoid.

 

 

Produk skincare yang mengandung AHA,BHA, dan Retinoid membuat pertumbuhan lapisan permukaan bawah wajah menjadi lebih cepat sehingga yang tadinya jerawat kamu masih pada “sembunyi” maka akan muncul setelah penggunaan produk skincare tersebut.

Purging terjadi tidak cukup lama yaitu sekitar dua sampai enam minggu. Jadi, ketika kamu menggunakan produk skincare baru dan tiba-tiba muka kamu menjadi jerawatan atau beruntusan, kamu tidak perlu khawatir karena itu merupakan proses purging. Setelah proses purging terjadi wajah kamu akan menjadi lebih bersih dibanding sebelumnya.

Apa perbedaan purging dan breakout

breakout, diambil dari idntimes.com

Apa itu Breakout?

Breakout adalah respon yang dialami pada kulit wajah ketika kulit wajah mengalami ketidakcocokan dengan produk skincare yang kamu gunakan. Hal tersebutlah yang membuat jerawat atau beruntusan yang muncul ketika breakout tidak hilang. Jerawat dan beruntusan yang baru muncul ketika wajah kamu mengalami breakout diakibatkan dengan iritasi pada kulit wajah.

 

 

Lalu  Apa Perbedaan Purging dan Breakout?

Apa perbedaan purging dan breakout

purging dan breakout, diambil dari avoskinbeauty.com

 

Biasanya kita dapat membedakan purging dan breakout ketika sudah melewati proses purging pada wajah kamu. Karena kamu akan berfikir jerawat yang muncul adalah proses purging bukan jerawat breakout, tapi setelah melewati beberapa minggu jerawat tidak hilang-hilang maka kamu baru mengetahui bahwa respon yang terjadi pada wajah kamu ialah respon breakout bukannya respon purging.

  • Bila kamu menggunakan cara tersebut untuk mengetahui respon yang terjadi ialah breakout pada wajah kamu setelah pemakaian produk skincare, kamu akan membuang-buang waktu dan biaya karena semakin lama iritasi yang terjadi pada wajah kamu maka akan lebih lama juga untuk menghilangkan jerawat tersebut.
  • Jadi, kamu perlu tetap waspada karena ketika purging, jerawat atau beruntusan yang akan muncul diakibatkan dengan mempercepat proses pertumbuhan bakal jerawat.
  • Sedangkan, breakout terjadi karena iritasi pada wajah kulit kamu sehingga menimbulkan jerawat baru pada wajah kamu. Sehingga breakout menyebabkan jerawat atau beruntusan yang terdapat di wajah kamu tidak hilang-hilang.
  • Berbeda dengan purging, bila kamu mengalami purging jerawat akan hilang dengan sendirinya. Dan juga biasanya jerawat atau beruntusan yang terjadi pada purging dan breakout berbeda. Saat purging jerawat atau beruntusan akan muncul di tempat biasanya jerawat kamu muncul, misalnya biasanya kamu berjerawat disekitar dahi, maka jerawat purging akan muncul di sekitar dahi.
  • Berbeda dengan jerawat atau beruntusan yang terjadi akibat breakout, jerawat dan beruntusan yang terjadi pada breakout muncul pada tempat dimana yang biasanya kamu tidak pernah jerawatan. Misalnya dengan contoh tadi yang biasanya kamu jerawatan di dahi, maka jerawat breakout akan muncul di pipi kamu yang disertai dengan rasa gatal.

Itulah penjelasan dan perbedan antara respon pemakaian produk skincare baru yaitu purging atau breakout. Jadi, jika kamu sekarang sedang menggunakan produk skincare baru dan menimbulkan jerawat atau merah beruntusan pada wajah kamu. Kamu sudah tau kan yang di alami wajah kamu purging atau breakout?

</center