Apa itu Purging? – Bagi beberapa orang mungkin istilah purging sudah sering di dengar khususnya bagi kamu pecinta kosmetik namun sebagian orang masih banyak yang tidak mengetahui istilah purging. Oleh karena itu yuk kita bahas apa itu purging?

 

Apa itu Purging

 purging, diambil dari merdeka.com

 

Purging adalah istilah kecantikan yang mempunyai arti pembersihan atau penghapusan. Purging adalah proses yang biasa terjadi saat dimana kamu mulai mencoba skincare atau fase dimana kamu mengganti produk skincare lama kamu.

Pada umumnya produk skincare mengandung active exfoliant seperti AHA, BHA, dan Retinoid yang dapat menimbulkan purging ketika kamu mulai mencoba produk skincare tersebut. Hal tersebutlah yang membuat kulit wajah kamu akan menjadi merah beruntusan ataupun berjerawat sebelum mendapatkan kulit wajah yang mulus ketika mencoba produk skincare baru.

Apa itu Purging?

Purging bertujuan untuk mengangkat atau memperbaiki lapisan bawah kulit di wajah, sehingga pori-pori pada kulit wajah kamu yang tadinya terlihat baik-baik saja akan berubah menjadi jerawat yang muncul.

Hal tersebut dikarenakan pada proses exfoliants akan membuat pertumbuhan pori-pori pada wajah lebih cepat sehingga bakal jerawat akan tumbuh.

Namun, kamu tidak perlu khawatir karena jerawat yang timbul itulah yang dimaksud purging dan tidak berangsur lama, karena kulit wajah perlu beradaptasi dengan produk yang baru kamu pakai.

Berapa Lama Purging Terjadi?

Biasanya purging terjadi sekitar empat hingga enam minggu sejak awal pemakaian produk. Jadi, kamu tidak perlu khawatir jika wajah kamu menjadi beruntusan atau jerawatan setelah pemakaian. Namun, jika jerawat yang ditimbulkan selama proses purging lebih dari enam minggu, kamu perlu waspada hingga berhenti memakai produk tersebut ya karena berarti wajah kamu tidak cocok dengan produk tersebut.

Bila wajah kamu tidak membaik setelah pemakaian produk skincare yang baru kamu coba dan sudah lebih dari enam minggu jerawat atau beruntusannya tidak hilang, maka proses tersebut dikatakan breakout.

Tips Saat Purging

Terdapat sedikit tips bagi kamu yang tidak ingin beruntusan atau jerawat yang timbul sangat banyak, maka kamu dapat menggunakan produk tersebut secara bertahap, misalnya dalam minggu pertama produk skincare yang digunakan seminggu dua kali, minggu ketiga tiga kali pemakaian dan begitu seterusnya. Namun tetap ya ingat jika pemakaian sudah dilakukan bertahap akan tetapi sudah enam minggu wajah tetap beruntusan atau berjerawat maka pemakaian produk perlu dihentikan.

Purging setelah Memakai Skincare?

Setelah penjelasan tentang purging kamu tentunya akan berfikir bahwa produk skincare yang kamu gunakan berarti akan berkhasiat pada wajah kamu jika menimbulkan proses purging, seperti berjerawat atau beruntusan.

Pada dasarnya setiap jenis wajah dan proses perkembangan di wajah seseorang itu berbeda. Jadinya, ada beberapa orang yang menggunakan produk skincare baru namun tidak terjadi purging.

Lalu apakah artinya produk skincare tersebut berkhasiat karena tidak terjadinya purging?

Tentu saja. Khasiat dari suatu produk skincare tidak dapat diukur dari terjadinya purging atau tidak yaa. Jadi kamu yang tidak mengalami purging ketika mencoba produk skincare baru perlu bersyukur karena kulit kamu dengan cepat beradaptasi dengan produk tersebut, sehingga tidak menimbulkan jerawat ataupun beruntusan.

 

Jadi, sekarang kamu tau kan purging itu apa? Jangan sampai salah pengertian yaa dan jangan takut untuk mencoba produk-produk baru yang sesuai dengan jenis kulit wajah kamu, karena berjerawat atau beruntusan pada wajah ketika mencoba produk baru hal yang biasa. Akan tetapi, tetap diingat ya jangka waktu terjadinya purging sehingga kamu dapat mengetahui wajah kamu cocok atau tidak dengan produk tersebut. Selamat mencoba!

</center